
RETAIL DAN WARALABA
RETAIL DAN WARALABA
Mata Kuliah Retail dan waralaba ini kita akan mempelajari beberapa hal seperti di bawah ini :
1. Sejarah bisnis retail dan waralaba
2. Pengertian bisnis retail dan waralaba
3. Warala dan Kewirausahaan, dst
RETAIL
Anda pasti pernah mendengar kata ritel, tapi mungkin belum mengetahui apa makna dari nama tersebut. Biasanya masyarakat akan mengaitkan kata ritel dengan supermarket, minimarket, dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya supermarket, minimarket termasuk dari jenis bisnis ritel. Bisnis ritel memiliki pengertian bisnis atau usaha yang biasanya menjual barang – barang kebutuhan secara eceran langsung ke tangan konsumen akhir. Perlu diketahui jika di pasaran terdapat berbagai jenis bisnis ritel berdasarkan klasifikasi.
WARALABA
Franchise atau istilahnya adalah “waralaba” merupakan hubungan antara dua belah pihak yang mempunyai tujuan sama. dalam membuka usaha. Dan salah satu pihaknya memperoleh hak khusus untuk mengembangkan atau menjalankan kekayaan intelektual. Sementara dari pihak lain yakni British Franchise Association menyatakan jika franchise merupakan lisensi kontraktual dari pihak franchisor untuk pihak franchisee

MANAJEMEN KOPERASI
Manajemen Koperasi menjelaskan kegiatan pengelolaan SDM dan SDA secara bersama- sama untuk mencapai tujuan tertentu sesuai prinsip‑prinsip Koperasi.

PEMASARAN JASA DAN NIRLABA
Mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan kompetensi mahasiswa di bidang pemasaran jasa dan pemasaran nirlaba, yaitu mengerti dan memahami pemasaran jasa dan nirlaba, ruang lingkup pemasaran jasa dan nirlaba dan mengetahui bagaimana mengelola pemasaran jasa dan nirlaba.

PEMASARAN STRATEGIK
Pada matakuliah ini mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan dengan mengedepankan penguasaan topik utama mengenai fenomena bisnis terkini untuk menyusun strategi pemasaran yang handal. Prasyarat matakuliah : Manajemen Pemasaran.

PEMASARAN INTERNASIONAL
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang lingkup dan tantangan pemasaran internasional, hambatan-hambatan memasuki pasar internasional, strategi memasuki pasar internasional, dan strategi sukses dalam pemasaran kompetitif internasional. Sehingga dalam perkembangannya ke depan mahasiswa tidak hanya mempunyai wawasan mengenai pasar internasional, tapi juga dapat menerapkan di dunia kerja utamanya untuk menghadapi persaingan global. Prasyarat : Manajemen Pemasaran.

RISET PEMASARAN
Mata kuliah ini memberikan pemahaman teori dan konsep riset pemasaran dan implementasinya dalam pengambilan
keputusan; membahas tentang desain penelitian dan sumber data,
pengukuran dan skala, cara penyusunan kuisioner, teknik sampling, metode
pengumpulan data, metode analisis data.

PERILAKU KONSUMEN
Memberikan pemahaman tentang model-model perilaku konsumen dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen